Jumat, 24 Agustus 2018

Haruskah Anda Khawatir jika Masa Anda Ringan?

Memahami apa yang "normal" untuk suatu periode akan membantu Anda menentukan apakah menstruasi Anda, pada kenyataannya, ringan. Suatu periode datang ketika lapisan rahim Anda melalui serviks dan vagina Anda, umumnya setiap bulan.

Periode Anda umumnya konsisten dalam beberapa hari dan tingkat aliran. Wanita biasanya mendapatkan menstruasi setiap 21 hingga 35 hari. Aliran menstruasi bisa berkisar antara dua hingga tujuh hari. Namun, periode Anda dapat berubah seiring waktu dan karena berbagai keadaan. Misalnya, jika Anda hamil, Anda tidak akan mengalami periode karena lapisan tidak akan terlepas.

Setiap wanita dan periode berbeda, jadi periode Anda mungkin datang seperti jam atau lebih tak terduga.

Gejala

Anda mungkin khawatir tentang periode cahaya jika:

    Anda berdarah selama kurang dari dua hari
    pendarahan Anda sangat ringan, seperti bercak
    Anda melewatkan satu atau lebih periode aliran reguler
    Anda mengalami periode cahaya lebih sering daripada siklus 21 hingga 35 hari yang khas

Ingat bahwa Anda mungkin mengalami periode yang tidak biasa tanpa alasan tertentu, tetapi Anda tetap harus memberi tahu dokter. Mereka dapat membantu menentukan penyebab yang mungkin mempengaruhi siklus menstruasi Anda dan pendarahan vagina.
Penyebab

Periode cahaya bisa menjadi hasil dari berbagai penyebab. Ini termasuk:
Usia

Periode Anda dapat bervariasi panjang dan mengalir jika Anda berada di masa remaja Anda. Di sisi lain, jika Anda mengalami menopause, Anda mungkin mengalami periode tidak teratur yang ringan di aliran. Kejadian-kejadian ini adalah hasil dari ketidakseimbangan hormon.
Berat badan dan diet

Berat badan dan persentase lemak tubuh dapat mempengaruhi menstruasi Anda. Menjadi sangat kurus dapat menyebabkan menstruasi Anda menjadi tidak teratur karena hormon Anda tidak berfungsi normal. Selain itu, kehilangan atau mendapatkan berat badan yang ekstrem dapat menyebabkan ketidakteraturan dengan menstruasi Anda.
Kehamilan

Jika Anda hamil, tidak mungkin Anda akan mengalami menstruasi. Anda mungkin melihat beberapa bercak dan berpikir itu adalah periode Anda, tetapi mungkin sebenarnya adalah pendarahan implantasi. Ini bisa terjadi ketika telur yang dibuahi menempel pada lapisan rahim. Pendarahan implantasi biasanya berlangsung selama dua hari atau kurang.

Pelajari lebih lanjut: Gejala kehamilan awal tidak ada yang memberitahu Anda tentang »
Menyusui

Jika Anda menyusui, menstruasi Anda mungkin tidak segera kembali setelah Anda melahirkan. Hormon produksi susu mencegah ovulasi dan menunda periode Anda untuk kembali. Anda mungkin mendapatkan bulan-bulan Anda setelah melahirkan jika Anda menyusui.

Anda masih bisa hamil saat menyusui, meskipun periode Anda belum kembali. Itu karena Anda akan berovulasi dua minggu sebelum periode pasca natal pertama Anda. Jika Anda melakukan hubungan seks tanpa kondom saat menyusui dan mengalami bercak, sebaiknya lakukan tes kehamilan untuk memastikan bahwa bercak tersebut tidak disebabkan oleh perdarahan implantasi.
Kontrol kelahiran

Kontrol kelahiran hormonal dapat menjadi penyebab periode cahaya. Beberapa metode pengendalian kelahiran mencegah telur terlepas dari tubuh Anda. Metode-metode ini datang dalam berbagai bentuk, termasuk:

    pil
    tambalan
    cincin
    tembakan

Ketika tubuh Anda tidak melepaskan telur, rahim Anda tidak menciptakan lapisan tebal. Ini dapat menyebabkan periode lebih terang atau melewatkan periode sama sekali.

Anda mungkin juga mengalami menstruasi yang tidak teratur jika Anda sudah mulai atau berhenti melakukan kontrol kelahiran baru-baru ini.
Menekankan

Jika Anda stres, otak Anda dapat mengubah hormon siklus menstruasi. Anda mungkin mengalami periode yang dilewati atau lebih ringan karenanya. Setelah peristiwa yang menegangkan berlalu, menstruasi Anda akan kembali normal.
Overexercising

Wanita yang sering berolahraga mungkin mengalami perubahan pada menstruasi mereka. Atlet dapat mengalami stres, memiliki berat badan rendah, dan menggunakan banyak energi tubuh. Ini dapat menyebabkan periode yang berubah.
Gangguan Makan

Anorexia nervosa dan bulimia adalah jenis gangguan makan yang dapat menyebabkan menstruasi tidak teratur. Gangguan makan dapat menyebabkan berat badan rendah, yang dapat mengubah hormon yang mengatur menstruasi Anda.
Sindrom ovarium polikistik (PCOS)

Jika Anda mengalami menstruasi yang tidak teratur atau telah berhenti menstruasi, itu mungkin disebabkan oleh PCOS. Ini menyebabkan perubahan hormon di tubuh Anda di mana telur Anda berhenti matang.

Perubahan hormonal ini juga bisa:

    ubah berat badan dan menyebabkan obesitas
    menyebabkan jerawat
    menyebabkan rambut wajah tumbuh
    menyebabkan infertilitas

Dokter Anda dapat mendiagnosis PCOS melalui penggunaan ultrasound. Itu karena PCOS menyebabkan kista terbentuk di indung telur Anda. Jika Anda memiliki PCOS, dokter Anda mungkin akan menyarankan Anda menurunkan berat badan dan mengambil pil kontrasepsi untuk membantu menstruasi Anda kembali normal. Dokter Anda mungkin juga meresepkan metformin (Glumetza, Riomet, Glucophage). Obat ini biasanya diresepkan untuk orang-orang dengan diabetes tipe 2, tetapi kadang-kadang digunakan off-label untuk mengobati orang dengan PCOS. Ini membantu mengontrol kadar insulin dan dapat membantu meningkatkan ovulasi, yang dapat mengatur siklus menstruasi Anda.
Apa yang dimaksud dengan penggunaan narkoba off-label?

Penggunaan narkoba off-label berarti bahwa obat yang telah disetujui oleh FDA untuk satu tujuan digunakan untuk tujuan berbeda yang belum disetujui. Namun, dokter masih bisa menggunakan obat untuk tujuan itu. Ini karena FDA mengatur pengujian dan persetujuan obat-obatan, tetapi bukan bagaimana dokter menggunakan obat untuk mengobati pasien mereka. Jadi, dokter Anda dapat meresepkan obat namun mereka pikir yang terbaik untuk perawatan Anda.

Pelajari lebih lanjut: Penggunaan obat resep di luar label: Apa yang perlu Anda ketahui »
Kondisi medis yang serius

Periode yang tidak biasa atau tidak teratur dapat menjadi tanda kondisi kesehatan yang lebih serius. Periode reguler menunjukkan bahwa tubuh Anda dalam keadaan baik. Periode cahaya bisa menjadi tanda masalah dengan kadar hormon atau kondisi medis lainnya. Sindrom ovarium polikistik dan masalah dengan organ reproduksi dapat menyebabkan menstruasi tidak teratur.

Membahas gejala dengan dokter Anda dapat membantu Anda menentukan penyebabnya lebih ringan daripada periode normal.
Faktor risiko

Wanita dari segala usia dapat beresiko untuk periode cahaya. Periode cahaya bisa menjadi tanda bahwa tubuh Anda tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Anda harus berbicara dengan dokter Anda tentang apa yang mungkin menyebabkannya.

Wanita yang tidak mengalami menstruasi selama tiga bulan atau lebih mungkin didiagnosis dengan amenore.

Baca lebih lanjut: Masalah menstruasi »
Kapan sebaiknya Anda ke dokter?

Periode Anda mungkin lebih ringan dari biasanya tanpa penyebab yang mendasari. Hubungi dokter Anda jika Anda:

    ketinggalan tiga periode yang lurus dan tidak hamil
    pikir kamu mungkin hamil
    memiliki periode tidak teratur
    mengalami pendarahan antar periode
    merasakan sakit selama menstruasi Anda

Selain itu, hubungi dokter Anda jika Anda memperhatikan gejala lainnya.
Pengobatan

Masa terang Anda mungkin disebabkan oleh salah satu dari banyak faktor. Ini mungkin kejadian satu kali. Jika periode cahaya Anda menetap atau Anda mengalami gejala yang mengganggu, Anda mungkin perlu perawatan lebih lanjut.

Dokter Anda akan membahas kemungkinan alasan untuk periode cahaya Anda dan menguji Anda untuk berbagai kondisi untuk menentukan rencana perawatan yang tepat.

Periode cahaya yang persisten dan bermasalah dapat diobati dengan perubahan gaya hidup dan pengobatan Anda. Terkadang, penggunaan kontrasepsi hormonal dapat membantu menstruasi Anda menjadi lebih teratur. Jika periode cahaya Anda adalah tanda sesuatu yang lebih serius, perawatan mungkin termasuk obat lain atau intervensi lain.
Pandangan

Periode cahaya mungkin bukan tanda bahwa Anda memiliki sesuatu yang perlu dikhawatirkan. Bahkan periode sesingkat dua hingga tiga hari dianggap normal. Jika Anda melewatkan suatu periode atau mengalami bercak cahaya dan berpikir Anda mungkin hamil, lakukan tes kehamilan. Pastikan untuk melacak periode cahaya Anda dan berbicara dengan dokter Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar