Jumat, 24 Agustus 2018

11 Tips untuk Menaklukkan Efek Samping IUD

Mendapatkan tongkat berbentuk T yang dimasukkan ke dalam Anda mungkin terdengar seperti wilayah yang tidak boleh dituju, tetapi lebih banyak wanita yang tertarik dengan metode pengendalian kelahiran ini: janji terkait IUD telah mengalami peningkatan 19 persen sejak November 2016.

“Wanita muda ditarik ke banyak arah, dan mengkhawatirkan kontrol kelahiran tidak seharusnya menjadi salah satu dari mereka,” kata Elise M., 24 tahun yang memiliki IUD tembaga selama tiga tahun.

Dan dia benar, mendapatkan informasi yang akurat dan bermanfaat seharusnya tidak begitu sulit. Kita perlu mengatur secara langsung mitos tentang infeksi, rasa sakit, dan ketidaknyamanan.

Jadi kami meminta wanita lain * yang dapat mengatakan pernah ada, melakukan itu (dan akan melakukannya lagi!) Seperti apa pengalaman mereka. Selain itu, kami akan memberi tahu Anda cara menangani efek samping yang kebanyakan orang tidak bicarakan. Berikut adalah 11 hal yang perlu Anda ketahui untuk menavigasi pengalaman IUD Anda.

* Beberapa nama telah diubah atas permintaan orang yang diwawancarai.

1. Persenjatai diri dengan ibuprofen, bantal pemanas, dan jus hari

Penyisipan IUD mungkin sakit, tetapi itu benar-benar tergantung pada toleransi rasa sakit Anda, posisi leher rahim, dan banyak lagi. Sayangnya, tidak ada cara untuk mengetahui sampai hari janji temu.

Dalam banyak kasus, Anda harus keluar masuk dalam waktu kurang dari satu jam, mungkin bahkan 15 menit. Tetapi Anda harus benar-benar mengambil sisa hari libur, jika Anda bisa. Beberapa orang mengalami kram setelah insersi. "Kedua AKDR saya dimasukkan, saya mengalami kram yang cukup intens yang membuat saya berkeringat penuh," kata Anne S., 25 tahun.

Untuk kenyamanan ekstra, bawalah satu tas kecil yang penting dan kenakan pakaian Anda yang paling nyaman - berkeringat dan semuanya - untuk perjalanan pulang.
Bawa ini:

    sebuah bantal pemanas, seperti yang ini dari Thermacare
    sebuah panty liner atau pembalut wanita
    pereda nyeri over-the-counter, seperti acetaminophen (Tylenol) atau naproxen (Aleve)
    sebotol air atau jus untuk melawan mual atau pusing

Tip: Pastikan agar dokter kandungan Anda tahu sebelumnya jika Anda memiliki ambang rendah untuk nyeri. Mereka biasanya menyarankan mengonsumsi 800 miligram ibuprofen (Advil) sekitar satu jam sebelumnya, tetapi mereka mungkin dapat meresepkan sesuatu yang lebih kuat.
2. Jangan khawatir jika Anda kehabisan darah

Sebagian besar wanita akan mengalami semacam perdarahan setelah insersi - Anda dapat menulisnya sebagai keajaiban menstruasi jika Anda tidak melakukannya! Anne S. juga menyebutkan bahwa “[penyisipan] menyebabkan saya memulai apa yang seharusnya menjadi periode saya selama sebulan. Saya melihat dengan sangat, sangat ringan selama 3 atau 4 hari setelahnya. ”

Perawat Anda akan memberi Anda beberapa bantalan setelah penunjukan, tetapi simpan kabinet Anda dengan liner bebas bau untuk berjaga-jaga.

Kiat: Anda sebenarnya ingin memastikan bahwa itu adalah waktu periode (bahkan jika Anda tidak mengalami pendarahan) selama janji temu Anda. Selama menstruasi Anda, serviks Anda duduk lebih rendah dan melebar, sehingga lebih mudah bagi gyno untuk memasukkan IUD.
3. Tidak semua orang bisa merasakan senarnya

Itu lebih normal daripada yang Anda pikirkan jika Anda tidak dapat menemukan string IUD Anda. Tetapi tidak adanya string tidak berarti IUD Anda telah lolos dengan hebat di dalam rahim Anda. Kadang-kadang, string melunak dan melilit leher leher rahim Anda, yang bisa terasa seperti ujung hidung Anda.

Jika Anda tidak dapat merasakannya sendiri, pertimbangkan meminta pasangan Anda untuk memeriksanya. Mereka mungkin memiliki keuntungan karena tidak perlu memutar-mutar lengan mereka di antara kaki Anda. Itu semua tentang sudut!

Kiat: Panjang serviks juga merupakan faktor, tetapi Anda perlu menanyakan hal itu kepada gyno Anda. Selama janji temu Anda, mereka akan dapat menjelaskan mengapa Anda tidak dapat merasakan tali Anda jika IUD Anda tampak pada tempatnya.
4. Bukan Anda atau saya, itu adalah IUD

Keluhan tentang tali poking saat berhubungan seks mungkin merupakan tanda bahwa IUD Anda tidak diposisikan dengan benar atau string IUD terlalu panjang. Merasa senar selama berhubungan seks mungkin juga berarti tali belum melunak, yang normal dalam beberapa bulan pertama. Seiring waktu, pasangan Anda mungkin tidak merasakan ikatan sama sekali.

Kiat: Nyeri saat berhubungan seks tidak pernah normal, jadi jadwalkan janji dengan gyno Anda jika itu terus terjadi.
5. The Hulk mungkin masih membuat rumah di rahim Anda

Umumnya, IUD hormonal cenderung mengurangi kram dan IUD tembaga meningkatkan kram, tetapi karena dengan semua hal yang berkaitan dengan waktu, kram bisa sangat individual.

Kiat: Jika Anda belum melakukannya, investasikan pada bantalan pemanas berkualitas. Minum teh mawar hip juga dapat membantu menjaga kram di teluk.
6. Kulit Anda sekarang adalah permainan kesempatan

Tidak seperti pil, IUD hormonal dan tembaga belum terbukti membantu mengatasi jerawat atau gejala PMS yang mengganggu. Tunggu beberapa bulan untuk melihat apakah tubuh Anda menyesuaikan. Jerawat sementara adalah harga kecil untuk membayar kontrasepsi jangka panjang. Plus, Anda dapat putus dengan IUD Anda kapan saja.

Tip: Tingkatkan rutinitas perawatan kulit Anda. Anda dapat berbicara dengan dokter kulit atau menjelajah ke negara di luar sabun untuk mencoba serum, toner, dan masker. Obat jerawat hormonal ini dapat membantu Anda memulai.

7. Pakaian dalam Anda bisa menjadi pemandangan dari The Shining atau kekeringan California

Inilah kesepakatannya: Ini dapat berlangsung mulai dari 6 hingga 8 bulan sebelum tubuh Anda sepenuhnya menyesuaikan dengan IUD. Apakah ini berarti tidak ada perdarahan, kebocoran konstan, atau sesuatu di antara turun ke jenis IUD yang Anda miliki dan reaksi tubuh Anda sendiri terhadap perangkat.

IUD Hormonal cenderung menyebabkan periode yang lebih ringan hingga tidak ada periode dari waktu ke waktu. IUD tembaga cenderung membawa periode yang lebih panjang, lebih berat, atau keduanya.
Perbaikan antichafing

    Periode celana: Jangan khawatir tentang merusak celana favorit Anda lagi dengan Thinx, produk luar biasa yang juga mendukung tujuan baik.
    Cangkir menstruasi: Dari Piala Lily Ringkas hingga Piala Diva yang terkenal, ada secangkir untuk semua orang. Anda bahkan dapat menggunakan ini jika Anda melihat.
    Panty liners: Sebuah oldie tapi goodie, panty liner adalah pilihan bebas. Pilih beberapa di apotek atau pesanan lokal Anda secara online.

Jika periode Anda jauh lebih ringan, mungkin ada sedikit kering di sana. Lewati pembalut atau tampon sebagai tindakan pencegahan. Bantalan dapat menyebabkan chaffing, dan tanpa lubrikasi, bahkan tampon terkecil pun dapat terasa seperti amplas. Dengan aliran cahaya, Anda mungkin juga tergoda untuk membiarkan tampon lebih lama, yang menempatkan Anda pada risiko infeksi.

Kiat: Jika ketidakteraturan adalah norma baru, jangan abaikan perasaan lelah atau pusing, terutama jika mereka mencegah Anda berfungsi. Dalam kasus ini, Anda harus melihat gyno Anda.

Lihat perbandingan menstruasi kami untuk menemukan satu yang tepat untuk Anda »
8. Jangan benar-benar berlatih "mengatur dan melupakannya"

IUD dapat menurunkan risiko kehamilan Anda, tetapi risiko Anda terkena STD sama. Satu-satunya hal yang lebih buruk dari benjolan yang tak terjelaskan di wilayah bawah Anda adalah benjolan yang terus datang kembali dari sekarang hingga keabadian. Bahkan dengan IUD, Anda masih perlu memikirkan pencegahan STD.

Kiat: Jangan lupa mempraktekkan seks aman dan komunikasikan masalah apa pun dengan pasangan Anda.

Pelajari lebih lanjut tentang pencegahan STD »
9. Tetap tenang dan lanjutkan selama kejatuhan

Sangat jarang IUD benar-benar jatuh dari tubuh Anda. Jika IUD bergerak, biasanya tersangkut di serviks bawah, menyebabkan rasa sakit yang khas yang tidak dapat diabaikan.

Jika IUD Anda rontok, itu sering dalam tiga bulan pertama penyisipan. Terkadang hal itu terjadi nanti. “Dengan IUD pertama saya, haid saya hilang setelah enam bulan. Namun, [selama] beberapa bulan terakhir saya mulai mendapatkan haid saya [lagi] dan sangat sesak, ”kata Trina R.. "Kemudian IUD jatuh."

Itu sebabnya memeriksa string Anda dan mengenali pola tubuh Anda adalah penting. Jika Anda tidak dapat merasakan string Anda, tetapi gyno Anda telah mencoret semuanya sebagai sesuatu yang sehat, unduh aplikasi pelacak periode seperti Eve untuk membantu memantau perubahan aliran, suasana hati, atau rasa sakit.

Tip: Lihat gyno Anda jika periode Anda membuat penampilan yang tidak diinginkan setelah beberapa bulan kering atau jika secara konsisten sandal jepit antara ringan dan berat. Dokter Anda dapat menentukan apakah perubahan itu alami atau memprihatinkan.
10. Kista bisa datang dan pergi

Sekitar 12 dari 100 wanita yang memiliki IUD hormonal akan mengembangkan setidaknya satu kista indung telur, dan sebagian besar waktu wanita-wanita ini bahkan tidak tahu. Kista biasanya menjadi hantu setelah satu atau dua bulan tanpa meninggalkan apa pun di belakang.

Tip: Dalam kasus yang jarang terjadi, kista dapat menyebabkan rasa sakit dan membutuhkan perhatian medis. Jika Anda mulai merasakan sakit yang tajam di bawah pusar Anda, tarik napas dalam-dalam dan rileks. Hubungi dokter Anda untuk membuat janji setelah Anda memutuskan bahwa ini bukan serangan kram rata-rata.
11. IUD tidak sepenuhnya bebas risiko

IUD lebih aman daripada sebelumnya, tetapi masih terlalu dini untuk mengetahui apakah beberapa risiko jangka panjang yang terdaftar benar-benar mungkin.

Misalnya, sisipan paket untuk Mirena, Liletta, Skyla, dan Kyleena semuanya menyarankan agar tidak digunakan jika Anda pernah menderita kanker payudara. Tetapi belum ada bukti konklusif yang menunjukkan peningkatan risiko kanker. Beberapa bukti menunjukkan adanya keterkaitan antara IUD yang melepaskan levonorgestrel seperti Mirena dan penurunan risiko kanker endometrium, ovarium, pankreas, dan paru-paru. IUD tembaga juga dapat menurunkan risiko kanker endometrium dan bahkan mungkin kanker serviks.

Risiko lain ditetapkan, tetapi masih cukup langka. Ini termasuk penyakit radang panggul dan perforasi.

Pelajari lebih lanjut: Dapatkah Mirena menyebabkan kanker payudara? »

Kiat: Jika Anda khawatir tentang potensi risiko Anda, bicaralah dengan gyno Anda. Bersiaplah untuk mendiskusikan riwayat medis keluarga Anda. Ini dapat membantu menginformasikan keputusan yang Anda dan dokter Anda buat tentang pengendalian kelahiran.
Garis bawah

Bagi kebanyakan orang, IUD memiliki lebih banyak kelebihan daripada kontra. Sebagai permulaan, Anda tidak perlu memikirkan tentang pengendalian kelahiran setidaknya selama tiga tahun, tergantung pada jenis yang Anda dapatkan. Penelitian terbaru juga mendukung kecintaan pada IUD. Wanita yang memiliki IUD lebih mungkin untuk tetap dengan kontrol kelahiran mereka daripada wanita yang menggunakan metode lain, seperti pil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar