Jumat, 24 Agustus 2018

Pilihan KB

Pilihan untuk Pengendalian Kelahiran Nonhormonal

    IUD tembaga
    Metode penghalang
    Keluarga berencana alami
    Hal yang perlu dipertimbangkan

Setiap orang dapat menggunakan alat kontrasepsi nonhormonal

Meskipun banyak metode pengendalian kelahiran memang mengandung hormon, pilihan lain tersedia.

Metode nonhormonal dapat menarik karena mereka cenderung membawa efek samping daripada pilihan hormonal. Anda juga mungkin ingin menjelajahi bentuk-bentuk kontrol kehamilan non-hormonal jika Anda:

    tidak sering melakukan hubungan seksual atau tidak perlu kontrol kelahiran yang berkelanjutan
    tidak ingin mengubah siklus alami tubuh Anda untuk alasan agama atau lainnya
    telah mengalami perubahan dalam asuransi kesehatan Anda, membuat metode hormonal tidak lagi tercakup
    menginginkan metode cadangan selain kontrol kelahiran hormonal

Teruslah membaca untuk mempelajari lebih lanjut tentang setiap metode, termasuk cara kerjanya, seberapa efektifnya mencegah kehamilan, dan di mana mendapatkannya.
IUD tembaga

Alat kontrasepsi dalam rahim (IUD) adalah alat berbentuk T yang ditempatkan di uterus oleh dokter Anda. Ada dua jenis IUD yang tersedia - hormonal dan nonhormonal - dan masing-masing mencegah kehamilan dengan cara yang berbeda.

Pilihan nonhormonal mengandung tembaga dan berjalan dengan nama ParaGard. Pelepasan tembaga ke dalam rahim dan membuat lingkungan beracun bagi sperma.

IUD tembaga lebih dari 99 persen efektif mencegah kehamilan. Meskipun IUD dapat melindungi terhadap kehamilan hingga 10 tahun, IUD juga dapat dihapus setiap saat, memberi Anda cepat kembali ke kesuburan normal Anda.

Banyak operator asuransi menutupi biaya IUD dan penyisipan. Begitu juga Medicaid. Jika tidak, bentuk pengendalian kelahiran ini mungkin membebani Anda hingga $ 932. Program bantuan pasien tersedia, jadi bicaralah dengan dokter Anda tentang pilihan Anda.

Efek samping yang umum termasuk pendarahan berat dan kram. Ini biasanya menurun seiring waktu.

Kadang-kadang, IUD dapat dikeluarkan dari rahim dan perlu diganti. Ini lebih mungkin terjadi jika:

    Anda belum pernah melahirkan sebelumnya
    Anda lebih muda dari 20 tahun
    Anda memiliki IUD yang ditempatkan terlalu cepat setelah melahirkan

Lihat: 11 tips untuk menaklukkan efek samping IUD Anda »
Metode penghalang

Metode pengendalian kelahiran penghalang secara fisik mencegah sperma mencapai sel telur. Meskipun kondom adalah pilihan yang paling umum, metode lain tersedia, termasuk:

    spons
    topi serviks
    diafragma
    spermisida

Anda biasanya dapat membeli metode penghalang over-the-counter di apotek setempat atau online. Beberapa mungkin juga dilindungi oleh asuransi kesehatan Anda, jadi bicaralah dengan dokter Anda.

Karena kemungkinan kesalahan manusia, metode penghalang tidak selalu sama efektifnya dengan beberapa metode pengendalian kelahiran lainnya. Namun, mereka nyaman dan perlu ditelusuri jika Anda tidak ingin menggunakan hormon.
Kondom

Kondom adalah satu-satunya metode pengendalian kelahiran yang melindungi terhadap infeksi menular seksual (IMS). Mereka juga menjadi salah satu metode yang paling populer dan banyak tersedia. Anda dapat menemukan kondom dengan mudah, dan mereka tidak memerlukan resep. Mereka dapat biaya sesedikit $ 1 masing-masing, atau Anda mungkin bisa mendapatkannya secara gratis di klinik lokal Anda.

Kondom pria menggelinding ke penis dan menyimpan sperma di dalam kondom saat berhubungan seks. Mereka datang dalam berbagai pilihan, termasuk nonlate atau lateks, dan spermisida atau nonspermicide. Mereka juga datang dalam berbagai warna, tekstur, dan rasa.

Ketika digunakan dengan sempurna, kondom pria hingga 98 persen efektif mencegah kehamilan. “Penggunaan yang sempurna” mengasumsikan bahwa kondom diletakkan sebelum kontak kulit-ke-kulit dan tidak putus atau terlepas saat berhubungan badan. Dengan penggunaan tipikal, kondom pria sekitar 82 persen efektif.

Kondom wanita masuk ke vagina dan mencegah sperma mencapai serviks atau rahim Anda. Mereka sebagian besar terbuat dari poliuretan atau nitril, yang sangat bagus jika Anda memiliki alergi terhadap lateks. Namun, mereka sedikit lebih mahal dan dapat dikenakan biaya hingga $ 5 masing-masing.

Sejauh efektivitas berlaku untuk kondom perempuan, penggunaan sempurna adalah sekitar 95 persen dan penggunaan yang khas turun hingga 79 persen.

Pelajari lebih lanjut: Menggunakan kondom dengan spermisida »
Spermisida

Spermisida adalah zat kimia yang membunuh sperma. Biasanya datang sebagai krim, busa, atau gel.

Beberapa merek populer termasuk:

    Saring Sisipan Kontrasepsi Vagina
    Gel Gynol II Kontrasepsi
    Conceptrol Gel Kontrasepsi

Ketika digunakan sendiri, spermisida gagal sekitar 28 persen dari waktu. Itu sebabnya ide yang baik untuk menggunakannya bersama dengan kondom, spons, dan metode penghalang lainnya.

Rata-rata, menggunakan spermisida dapat biaya hingga $ 1,50 setiap kali Anda melakukan hubungan seksual.

Anda mungkin tidak mengalami efek samping dengan spermisida, tetapi beberapa orang mengalami iritasi kulit. Semua spermisida yang dijual di Amerika Serikat mengandung apa yang disebut nonoxynol-9. Nonoxynol-9 dapat menyebabkan perubahan pada kulit di dalam dan di sekitar kelamin Anda, membuat Anda lebih mungkin untuk tertular HIV.

Bicarakan dengan dokter Anda jika Anda mengalami kemerahan, gatal, atau terbakar atau memiliki kekhawatiran tentang HIV.

Sepon

Spon kontrasepsi terbuat dari busa plastik. Itu dimasukkan ke dalam vagina sebelum hubungan seksual, bertindak sebagai penghalang antara sperma dan leher rahim Anda. Metode sekali pakai ini dimaksudkan untuk digunakan dengan spermisida, yang membunuh sperma.

Anda dapat meninggalkan spons selama 24 jam dan melakukan hubungan seksual sebanyak yang Anda inginkan selama periode ini. Yang penting untuk diingat adalah Anda harus menunggu setidaknya enam jam setelah terakhir kali Anda melakukan hubungan seksual sebelum Anda mengeluarkannya. Anda tidak boleh meninggalkan spons selama lebih dari 30 jam total.

Dengan kegunaan sempurna, spons adalah 80 hingga 91 persen efektif. Dengan penggunaan tipikal, angka itu turun sedikit 76 hingga 88 persen.

Spons harganya mulai dari $ 0 hingga $ 15 untuk tiga sponge, tergantung apakah Anda dapat menemukannya secara gratis di klinik setempat.

Anda tidak boleh menggunakan spons jika Anda alergi terhadap obat sulfa, poliuretan, atau spermisida.
Tutup serviks

Penutup serviks adalah steker silikon yang dapat digunakan kembali yang dapat dimasukkan ke vagina hingga enam jam sebelum hubungan seksual. Metode penghalang khusus ini menghalangi sperma memasuki uterus. Topi, yang disebut dengan nama FemCap di Amerika Serikat, dapat ditinggalkan di tubuh Anda hingga 48 jam.

Ada banyak manfaat, dengan tingkat kegagalan antara 14 dan 29 persen. Seperti halnya semua metode penghalang, tutupnya lebih efektif bila digunakan dengan spermisida. Anda juga harus memeriksa tutup lubang atau titik lemah apa pun sebelum menggunakannya. Salah satu cara Anda dapat melakukannya adalah dengan mengisinya dengan air. Secara keseluruhan, opsi ini lebih efektif untuk wanita yang belum pernah melahirkan sebelumnya.

Topi dapat dikenakan biaya hingga $ 289. Pembayaran dibagi antara batas yang sebenarnya dan semakin pas untuk ukuran yang benar.
Diafragma

Diafragma berbentuk seperti kubah dangkal, dan terbuat dari silikon. Metode penghalang yang dapat digunakan kembali ini juga dimasukkan ke dalam vagina sebelum hubungan seksual. Sekali di tempat, itu bekerja dengan menjaga sperma memasuki rahim. Anda harus menunggu setidaknya enam jam untuk mengeluarkannya setelah terakhir kali Anda berhubungan seks, dan Anda tidak boleh membiarkannya lebih dari 24 jam secara keseluruhan.

Dengan penggunaan sempurna, diafragma efektif 94 persen untuk mencegah kehamilan. Dengan penggunaan tipikal, itu 88 persen efektif. Anda akan ingin mengisi diafragma dengan spermisida untuk perlindungan paling besar terhadap kehamilan. Anda juga perlu memeriksa silikon untuk mencari lubang atau air mata sebelum memasukkannya ke dalam tubuh Anda.

Kedua merek perangkat ini di pasaran di Amerika Serikat disebut Caya dan Milex. Tergantung pada apakah asuransi Anda menutupinya, diafragma bisa menghabiskan biaya hingga $ 90.
Keluarga berencana alami

Jika Anda selaras dengan tubuh Anda dan tidak keberatan menghabiskan waktu untuk melacak siklus Anda, keluarga berencana alami (NFP) dapat menjadi pilihan yang baik untuk Anda. Pilihan ini juga disebut sebagai metode kesadaran kesuburan atau metode ritme.

Seorang wanita hanya bisa hamil ketika dia berovulasi. Untuk berlatih NFP, Anda mengidentifikasi dan melacak tanda-tanda subur Anda sehingga Anda dapat menghindari berhubungan seks selama ovulasi. Kebanyakan wanita menemukan bahwa siklus mereka antara 26 dan 32 hari, dengan ovulasi di suatu tempat di tengah.

Pengaturan waktu hubungan seksual dari ovulasi dapat membantu mencegah kehamilan. Banyak wanita mengalami banyak lendir serviks pada waktu paling subur dari siklus mereka, jadi Anda mungkin ingin menghindari hubungan seksual pada hari-hari ketika Anda melihat banyak lendir serviks. Banyak wanita juga mengalami peningkatan suhu di sekitar ovulasi. Anda harus menggunakan termometer khusus untuk melacak, dan hasil terbaik sering diperoleh dari vagina, bukan mulut.

Dengan pelacakan sempurna, metode ini dapat mencapai 99 persen efektif. Dengan pelacakan khas, ini lebih dekat ke 76 hingga 88 persen efektif. Menggunakan aplikasi untuk membantu Anda melacak siklus Anda, seperti Teman Kesuburan atau Kindara, mungkin bermanfaat.
Bagaimana memilih kontrol kelahiran yang tepat untuk Anda

Jenis pengendalian kelahiran non-hormon yang Anda pilih untuk digunakan memiliki banyak kaitan dengan preferensi Anda sendiri, kemampuannya, dan faktor-faktor seperti waktu, status kesehatan, dan budaya dan agama.

Dokter Anda mungkin menjadi sumber yang baik jika Anda tidak yakin bentuk kontrol kelahiran yang tepat untuk Anda. Anda bahkan mungkin ingin menelepon operator asuransi Anda untuk mendiskusikan opsi-opsi mana yang dicakup dan biaya terkait kantongnya.

Pertanyaan lain untuk ditanyakan saat Anda menilai opsi Anda meliputi:

    Berapa biaya pengendalian kelahiran?
    Berapa lama bertahan?
    Apakah saya memerlukan resep atau dapatkah saya mendapatkannya di atas meja?
    Apakah itu melindungi terhadap IMS?
    Seberapa efektifkah itu dengan melindungi terhadap kehamilan?
    Bagaimana dengan tingkat efektivitas ketika menggunakannya dengan sempurna dibandingkan biasanya?
    Apa efek sampingnya?
    Seberapa mudah metode untuk digunakan dalam jangka panjang?

Jika Anda tahu Anda tidak ingin anak-anak, tanyakan dokter Anda tentang sterilisasi. Metode pengendalian kelahiran permanen ini tidak mengandung hormon dan lebih dari 99 persen efektif. Untuk pria, sterilisasi melibatkan prosedur yang disebut vasektomi. Bagi wanita, itu berarti ligasi tuba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar