Jumat, 24 Agustus 2018

Dasar-Dasar Kontrol Kelahiran

Pernahkah Anda menjatuhkan pil pencegah kelahiran di wastafel? Apakah Anda telah menghancurkan beberapa pil di bagian bawah dompet Anda? Orang terkadang kehilangan pil. Ketika itu terjadi, penting untuk memiliki rencana tindakan untuk memastikan ini tidak memengaruhi keefektifan pengendalian kelahiran Anda.

Dasar-Dasar Kontrol Kelahiran

Pil KB adalah pil yang membantu mencegah kehamilan. Mereka mengandung hormon. Dua tipe dasar pil KB yang diresepkan adalah pil kombinasi dan minipill. Pil kombinasi memiliki, seperti namanya, kombinasi dari dua hormon sintetis, progestin dan estrogen. Minipills hanya mengandung progestin.

Kedua jenis pil bekerja dengan cara yang serupa. Pertama, mereka menghentikan ovulasi. Ini terjadi setiap bulan ketika sel telur dilepaskan dari ovarium wanita untuk pembuahan. Jika tidak ada telur yang dilepaskan, tidak ada kesempatan untuk hamil.

Penumpukan mukus di leher rahim Anda dapat mencegah sperma masuk ke rahim Anda. Jika sperma membuatnya ke rahim, sel telur bisa dibuahi jika sudah dilepaskan selama ovulasi.

Beberapa pil KB juga menipiskan dinding rahim untuk mencegah implantasi. Jika telur entah bagaimana dibuahi, lapisan tipis ini akan menyulitkan telur yang dibuahi untuk menempel dan berkembang.

Pil KB dirancang untuk mempertahankan tingkat hormon yang sama dalam tubuh Anda. Minum pil Anda setiap hari dan pada waktu yang sama setiap hari menjaga tingkat hormon ini konsisten. Jika kadar ini berfluktuasi, tubuh Anda dapat memulai ovulasi dengan cukup cepat. Ini meningkatkan risiko kehamilan yang tidak direncanakan.

Jika Anda mengonsumsi pil kombinasi, Anda memiliki tingkat perlindungan yang sedikit meningkat terhadap penurunan hormon ini, selama Anda mulai mengambil pil Anda lagi sesegera mungkin. Jika Anda menggunakan pil progestin saja, jendela perlindungan jauh lebih kecil. Jendela ini berlangsung sekitar tiga jam.
Apa yang Harus Dilakukan Jika Anda Menurunkan Pil

Hubungi dokter Anda jika Anda kehilangan pil Anda. Mintalah panduan tentang jenis pil khusus Anda. Masing-masing berbeda, dan dokter Anda mungkin dapat merekomendasikan strategi terbaik untuk Anda.

Jika Anda meminum pil di malam hari atau tidak dapat menghubungi kantor dokter Anda, Anda dapat mengambil tindakan dengan kiat-kiat ini.

Baca lebih lanjut: Apakah ada kemungkinan hamil saat mengambil kendali kelahiran? »
Apa yang Harus Dilakukan Jika Anda Merindukan Pil Kombinasi

Lain kali Anda memiliki janji dengan dokter Anda, tanyakan pada mereka opsi mana yang mereka sarankan jika Anda kehilangan pil Anda.

Dokter Anda mungkin menyarankan salah satu dari tiga opsi ini:

    Minumlah pil berikutnya. Teruslah bergerak dalam paket Anda. Anda akan mencapai akhir paket Anda sehari lebih awal dan harus memulai paket berikutnya lebih awal. Pergeseran ini tidak akan memengaruhi efektivitas pil.
    Ambil pil terakhir dari paket Anda. Jika Anda masih mengonsumsi pil aktif, ambillah pil aktif terakhir dalam kemasan Anda sebagai pengganti pil Anda yang hilang. Ini memastikan bahwa semua pil yang tersisa diambil pada hari yang dijadwalkan secara teratur. Anda akan mencapai akhir paket dan memulai pil plasebo sehari lebih awal. Anda dapat memulai paket berikutnya sehari lebih awal juga.
    Ambil pil cadangan. Jika Anda memiliki paket pil KB yang lain, ambillah salah satu pil dari paket itu untuk menggantikan yang sudah hilang. Simpan paket itu jika Anda kehilangan pil pada waktu lain.

Jika Anda kehilangan pil plasebo, yang merupakan salah satu pil yang tidak aktif di akhir paket Anda, Anda dapat melewati dosis ini. Anda dapat menunggu hingga hari berikutnya untuk mengambil dosis rutin Anda. Karena pil-pil ini tidak mengandung hormon apa pun, melewatkan satu hormon tidak akan meningkatkan peluang Anda untuk hamil.
Apa yang Harus Dilakukan Jika Anda Merindukan Pil Progestin Saja

Anda tidak memiliki banyak ruang gerak jika Anda kehilangan pil progestin saja. Anda perlu mengambil satu dalam beberapa jam dari waktu dosis yang dijadwalkan, atau efektivitas pil KB Anda bisa turun. Lain kali Anda memiliki janji dengan dokter Anda, tanyakan kepada mereka apa yang mereka sarankan agar Anda lakukan jika Anda kehilangan pil.

Anda juga dapat melakukan salah satu dari yang berikut:

    Minumlah pil berikutnya. Ambil pil besok sebagai gantinya. Meskipun hari Anda minum obat sekarang akan menjadi hari libur dari tanggal-tanggal pil, ini akan menjaga tingkat hormon Anda tetap konstan.
    Ambil pil terakhir dari paket Anda. Jika Anda ingin menjaga hari-hari minggu ini berbaris dengan benar, ambillah pil terakhir dalam kemasan Anda sebagai pengganti pil Anda yang hilang. Anda dapat mengambil sisa paket sesuai jadwal. Anda akan mencapai akhir paket Anda lebih cepat, tetapi Anda dapat segera memulai paket berikutnya.
    Ambil pil cadangan. Ambil pil dari paket yang belum dibuka untuk menggantikan pil hari ini. Ini akan membuat pil Anda tetap berbaris untuk sisa paket Anda, dan Anda akan memulai paket berikutnya tepat waktu. Simpan pil ekstra ini berguna jika Anda kehilangan pil lain di masa depan.

Apakah Ada Efek Samping?

Jika Anda kehilangan pil dan melewatkannya secara total, Anda mungkin mengalami beberapa perdarahan terobosan. Setelah Anda melanjutkan mengambil pil KB, pendarahan harus berakhir.

Jika Anda menggunakan pil kombinasi saja, Anda harus menggunakan beberapa bentuk perlindungan cadangan jika Anda melewatkan pil seluruhnya. Anda harus menggunakan metode pencadangan ini selama tujuh hari ke depan. Jika Anda mengganti pil yang hilang dengan pil lain, Anda tetap harus mempertimbangkan untuk menggunakan perlindungan cadangan selama seminggu setelahnya.

Jika Anda mengonsumsi pil progestin saja dan melewatkan pil yang hilang, risiko Anda untuk hamil akan meningkat. Gunakan metode pencatatan kelahiran untuk setidaknya 48 jam setelah Anda melanjutkan minum pil setiap hari.
Cara Memaksimalkan Efektivitas Kontrol Kelahiran Anda

Praktik terbaik ini dapat membantu Anda menghindari kehamilan yang tidak direncanakan atau kemungkinan efek samping yang disebabkan oleh pengendalian kelahiran:

    Minumlah pil setiap hari pada saat yang sama. Setel pengingat di ponsel Anda, atau pilih waktu yang dapat Anda ingat dengan mudah, seperti sarapan. Anda harus meminum pil Anda setiap hari untuk efektivitas tertinggi.
    Batasi penggunaan alkohol. Alkohol tidak memengaruhi efektivitas pil, tetapi hal itu dapat memengaruhi kemampuan Anda untuk mengingat untuk mengambil pil Anda. Jika Anda meminum pil dan kemudian muntah dalam beberapa jam, baik karena penyakit atau konsumsi alkohol, Anda mungkin perlu minum pil lagi.
    Periksa interaksi. Beberapa obat resep dan suplemen herbal yang dijual bebas dapat memengaruhi efektivitas pengendalian kelahiran Anda. Sebelum Anda mulai meminum pil atau sebelum memulai obat lain, tanyakan kepada dokter atau apoteker Anda apakah aman bagi Anda untuk mencampur dua zat tersebut.

Pandangan

Anda dapat dengan mudah mengatasi masalah dengan menelepon apoteker atau kantor dokter dan mendapatkan saran, bergerak maju ke pil berikutnya di paket Anda, atau mengganti pil yang hilang dengan pil dari paket baru. Daripada menunggu untuk mencari tahu apa yang harus dilakukan sampai Anda kehilangan pil, jadilah proaktif. Tanyakan kepada dokter Anda tentang bagaimana Anda harus menangani kehilangan pil sehingga Anda akan tahu apa yang harus dilakukan jika itu pernah terjadi.

Baca lebih lanjut: Kontrol kelahiran mana yang tepat untuk Anda? »

Jika Anda sering kehilangan pil atau menemukan diri Anda melewatkan pil secara teratur, Anda mungkin ingin mendiskusikan beralih ke opsi pengendalian kelahiran yang baru. Salah satu yang tidak membutuhkan perawatan harian mungkin lebih sesuai untuk Anda dan gaya hidup Anda. Pilihan kontrol kelahiran seperti cincin vagina, patch, atau alat kontrasepsi dapat membantu Anda mempertahankan perlindungan terhadap kehamilan yang tidak direncanakan tanpa harus minum pil setiap hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar